• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Tools KAD

PEDOMAN REGIONAL MANAGEMENT

Sebagai pionir pengembang konsep Regional Management & Regional Marketing di Indonesia, LEKAD telah memiliki pengalaman dalam mengembangkan know how dan skill dari pendekatan pembangunan wilayah inovatif ini. Pendalaman konsep telah disesuaikan dengan kebutuhan daerah dalam menjawab permasalahan aktual dan tantangan ke depan.
 
INSTRUMEN PERENCANAAN & APLIKASI

 
Perencanaan KAD perlu menghasilkan berbagai program dan kegiatan yang sinergis dan bersifat 'saling menguntungkan' untuk seluruh pihak terkait. Untukitu dibutuhkan sebuah instrumen perencanaan yang tepat sehingga mampu menghasilkan keluaran kegiatan bersama. SKAD telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
 Silahkan download file terlampir untuk info Flyer tentang SKAD dan EvaKAD (ILGC Impact Chain Analysis). Intrumen perencanaan KAD lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah Sub-sektor Analisis dan Value Chain Analysis.

Value Chain Analysis (Analisa Rantai Nilai)  adalah suatu pendekatan yang telah mendapatkan perhatian besar dalam kerjasama pembangunan pada beberapa tahun terakhir. Hal ini sangat berguna dalam mengatasi kelemahan dari pendekatan masa lalu, seperti upaya untuk memperkuat produsen tanpa pemahaman yang jelas di mana letak permasalahan yang sesungguhnya. Pendekatan ini dapat dilakukan untuk analisa di tingkat Daerah, tetapi justru sangat berguna untuk mengatasi itu di tingkat regional dalam konteks wilayah kerja sama, Provinsi, Nasional dan bahkan Internasional.

LEKAD telah membantu banyak Daerah dalam pengembangan rantai nilai. LEKAD memiliki cara yang cocok untuk digunakan dalam konteks pengembangan wilayah, khususnya Kerja sama antar daerah kewilayahan. 
Platform KAD, khususnya Regional Management perlu diisi dengan kegiatan nyata sesuai dengan kontext kerjasama itu sendiri. Banyak instrumen aplikasi Regional Management yang telah dikenal - misalnya dalam payung kegiatan Regional Marketing, seperti a.l. Pasar Lelang, Expo, Business Gathering, Regional Big Sale dstnya.
LEKAD bersama mitra dari dalam dan luar negeri sedang membangun program untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh Daerah. Instrumen aplikasi Regional Management ini dikemas dalam Funding Program. 
 
MONITORING & EVALUASI
 
Sebuah KAD harus terukur dan memiliki manfaat yang bersifat 'segera' (action & result oriented). oleh karena itu LEKAD telah pula mengembangkan sebuah alat ukur kegiatan dan manfaat yang disebut ILGC Impact Chain Analysis. melalui metode ini dapat diperoleh evaluasi kegiatan secara sistematis dari bentuk kegiatan, output sampai pada dampak yang dihasilkan.
 
DATA & INFORMASI
 
Banyak data dan informasi saat ini belum mengacu pada pendekatan sinergis potensi daerah yang mencerminkan kekuatan endogen secara kewilayahan. Penggabungan data & informasi secara sistematis dan terstruktur sesuai kebutuhan wilayah diperoleh dalam bentuk Baseline wilayah KAD.

Download File

Silahkan login atau daftar untuk dapat mendownload file disini.

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics