• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Sorong Selatan Siap Pelopori Lompatan Pembangunan Wilayah di Papua Barat

 

Keterbatasan kapasitas daerah dalam konteks infrastruktur, SDM, dan Anggaran merupakan beberapa isue yang mendorong daerah untuk mampu mensinergikan segala potensi yang dimiliki agar menjadi sebuah kekuatan daya saing. Hal ini dapat terwujud secara efektif, apabila terjadi konsolidasi pembangunan melalui kerjasama antardaerah. Oleh sebab itu, pemanfaatan platform Komunikasi Pembangunan Sorong Raya yang terdiri dari Kabupaten Sorong, Sorong Selatan (Sorsel), Raja Ampat, Maybrat, Tambrauw dan Kota Sorong di Papua Barat dipandang sangat strategis. Hal ini disampaikan oleh Sekda Sorsel, Dance Y. Flassy disela-sela kunjungan kerjanya pada tanggal 19 Oktober 2017 di Jakarta. Sorsel siap mengambil inisiatif untuk membangun kolaborasi Pembangunan wilayah yang saling menguntungkan bagi daerah terkait se Sorong Raya.

Momentum perayaan peringatan penancapan bendera Merah Putih pertama kali di tanah Papua (Trikora) yang telah terjadwal menjadi event nasional pada bulan Nopember 2017 perlu dimanfaatkan sebagai ajang untuk mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya dalam melaksanakan Pembangunan. Sebagai sebuah daya tarik diharapkan event ini dapat merangkul para pelaku bisnis dan investor untuk turut mengambil peluang dalam pembangunan wilayah di Sorong Raya, dan khususnya di Sorsel. Berbagai potensi daerah di wilayah Sorong Raya akan menjadi kekuatan yang dahsyat dalam persaingan sebagai kawasan destinasi yang bersifat regional di kancah internasional. Region Sorong Raya sebagai produk marketing destinasi, dimana Raja Ampat yang telah memiliki reputasi kelas dunia akan semakin kuat dengan keberadaan dan kesiapan daerah sekitarnya dalam menyuguhkan keberagaman pilihan program dan keunikan. Disisi lain, daerah sekitar juga dapat mengembangkan potensinya secara sinergis, sehingga disparitas layanan dan pembangunan dapat teratasi. Integrasi informasi antardaerah terkait Sorong Raya dengan demikian perlu dibangun. Memadukan berbagai potensi daerah menjadi kekuatan wilayah yang saling menguntungkan melalui platform Sorong Raya dengan demikian sangat mendesak, sekaligus strategis. ‘Berwisata bahari di Raja Ampat, wisata Sungai di Sorsel, Kuliner dan Hiburan di Kota Sorong, dan seterusnya..’ merupakan ilustrasi keragaman tawaran wisata yg dapat dikembangkan Sorong Raya sebagai regional tourism destination. Fungsi 'Super Market’ yang menawarkan berbagai pilihan layanan dan aktivitas wisata menjadikan Sorong Raya memiliki nilai jual tersendiri.

Potret diatas sekaligus memperlihatkan kekuatan daya saing yang dapat diraih oleh Sorong Raya dalam kancah persaingan destinasi skala internasional. Untuk itu dibutuhkan ‘political will’ yang kuat dari daerah terkait untuk mewujudkannya. Sekda Sorsel, Dance Y Flassy mengajak Pemda terkait untuk mengambil terobosan pembangunan kewilayahan strategis ini. Untuk itu Pemkab Sorsel siap berinisiatif untuk melakukan inisiasi kerjasama antardaerah melalui berbagai pertemuan dan diskusi untuk mewujudkannya. Kini saatnya daerah mengesampingkan ego-daerah dan menghimpun kekuatan pembangunan kewilayahan bersama-sama untuk percepatan pembangunan. Kita perlu meninggalkan pandangan layaknya 'katak dalam tempurung’ dan berinovasi dengan memanfaatkan kekuatan kewilayahan Sorong Raya, demikian ditekankan kembali oleh  Sekda Sorsel, Dance Y. Flassy. Perspektif pembangunan seperti inilah yang berhasil diterapkan oleh negara-negara maju, sehingga mampu bersaing dalam skala global. Barangsiapa yang enggan dan tidak siap melakukan upaya-upaya inovatif seperti ini, maka ketertinggalan akan terus melekat dengan dirinya.

Pemkab Sorsel merasa sangat tersanjung dan terhormat atas penganugerahan 'Baret Jingga’ oleh KASAU Marsekal TNI AU Hadi Tjahjanto, SIP kepada Bupati Sorsel, Samsudin Anggiluli yang berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2017 di pangkalan TNI AU Adi Sutjipto Yogyakarta. Hal ini juga menjadi pemicu bagi Pemkab Sorsel untuk meningkatkan dharma baktinya sebagai pelayan masyarakat dan menjadi pelopor dalam pembangunan wilayah di Papua Barat. 

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics