• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Pelatihan Skenario Kerja Sama Antardaerah Dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan Regional Management Jonjokbatur

Penyelenggara : Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT)
Waktu : 26 – 30 Agustus 2008
Tempat : Mataram, Nusa Tenggara Barat
Agenda LEKAD : Pelatihan Skenario Kerja Sama Antardaerah (SKAD)
Deskripsi
Regional Management Jonjok Batur (RMJB) terbentuk sejak tahun 2006 melalui fasilitasi KPDT dan Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam Pelatihan SKAD, RMJB telah sepakat bahwa sektor yang akan dikerjasamakan di antara tiga anggota RMJB (Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur) adalah sektor pariwisata. Hal ini mengingat RM Jonjok Batur yang terdiri dari Kabupaten-kabupaten yang terletak di Pulau Lombok sangat identik dengan pengembangan kepariwisataan. Dari hasil SKAD (Skenario Kerja Sama Antardaerah) diperoleh empat sektor utama sebagai sektor penunjang pariwisata yaitu (1) Regulasi, (2) Promosi, (3) Keamanan, dan (4) Kebersihan. Keempat sektor tersebut perlu mendapatkan perhatian melalui peningkatan kualitas.
Kendala utama yang dihadapi dalam pengembangan kepariwisataan di RMJB terkait pada sarana dan prasarana pariwisata, serta promosi. Di samping itu, menurut peserta pelatihan, para turis yang mengunjungi objek wisata di RMJB mengeluhkan masalah keamanan dan kebersihan. Hal ini sesuai dengan hasil sektor-sektor perekat kerja sama yang menggunakan prinsip sektor paling penting dan bermasalah yang akan disepakati sebagai sektor yang akan dikerjasamakan.
Visi kerja sama dikaitkan dengan keempat sektor penunjang pariwisata, yang ditentukan untuk jangka waktu 20 tahun ke depan atau pada 2030. Visi RMJB tersebut adalah tetap mengedepankan sektor pariwisata sampai ke level internasional. Untuk mempermudah pencapaian visi tersebut, disusun suatu indikator tolok ukur berupa milestone yang dibuat mundur lima tahunan sampai satu tahunan. Melalui SKAD, juga dirumuskan suatu usulan mengenai pembagian peran antar stakeholder terkait perbaikan kelembagaan, yang selanjutnya dapat dikaji sebagai salah satu persiapan pembenahan kelembagaan untuk Renstra RMJB.
 

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics